bike FOR fun

Jumat, 09 Maret 2012

TAK gemar BERSEPEDA GERAKAN "sego segawe" TERANCAM GAGAL

 
YOGYA (KRjogja.com) – Program sepeda kanggo sekolah lan nyambut gawe (sego segawe) yang dirintis Pemkot Yogyakarta sejak 2008 hingga saat ini dinilai belum efektif. Pasalnya Walikota Yogya saat inipun dinilai tidak gemar bersepeda.

"Salah satunya terlihat di Pemerintah Kota Yogyakarta sendiri. Apakah wali kota sudah memberikan contoh dengan sering bersepeda ke kantor?" kata Direktur Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Yogyakarta Suparlan, Senin (5/3) di Yogyakarta.
 
Menurutnya, gerakan Sego Segawe yang semula diprakarsasi oleh mantan Wali Kota Yogyakarta Herry Zudianto tersebut telah memperoleh respon yang baik dari pemerintah daerah setempat. Adanya pembebasan kendaraan di balaikota setiap Jumat, dan pembuatan jalur khusus bersepeda di sejumlah ruas jalan adalah buktinya.
 
"Namun saat ini justru banyak pegawai yang masih membawa mobil ke balai kota setiap Jumat terbukti dari semakin penuhnya Jalan Ipda Tut Harsono. Setiap Jumat, pegawai dan tamu dilarang memarkir kendaraan di dalam balai kota, tetapi memarkirkan kendaraan di sepanjang Jalan Ipda Tut Harsono. Jalur-jalur khusus sepeda yang telah dibangun juga masih disalahgunakan untuk jalur untuk kendaraan lain atau tempat parkir. Artinya, fasilitas yang diberikan oleh pemerintah untuk para pesepeda belum bisa digunakan maksimal," katanya.
 
Ia mengatakan, untuk meningkatkan gerakan Sego Segawe, yang dibutuhkan adalah rasa aman dan nyaman bagi pesepeda. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang sangat pesat dari tahun ke tahun juga menyebabkan emisi karbon juga meningkat, selain mempersempit ruang gerak bagi pesepeda maupun pejalan kaki.
 
"Karenanya, pemerintah perlu membuat skema agar bersepeda di Yogyakarta itu aman dan nyaman. Sewaktu-waktu, kami juga ingin mengajak Dinas Perhubungan dan kepolisian untuk sidak guna menyadarkan masyarakat tentang keberadaan jalur khusus sepeda," pungkasnya.

namun meskipun gereget pemerintah kota Yogyakarta meredup unhtuk melaksanakan program ini. saat ini telah terlihat semangat ANAK MUDA jogja untuk mengkampanyekan gerakan bersepeda di linkungan kota Yogyakarta. Komunitas-komunitas sepeda terbukti masih eksis sampai dengan saat ini. bahkansemakin menjamur di berbagai kelompok masyarakat.. untuk itu kenapa kita HARUS TAKUT jika program Pemerintah Kota Yogyakarta kurang mendukung??? SEMANGAT anak muda seperti kita SANGAT DI TUNGGU.. SOOOO enjoy your life with bike..  SEPEDA HURA ! ! !

1 komentar: