bike FOR fun

Jumat, 23 Maret 2012

ANTARA SEPEDA dan lebar ban dan tekanan ANGINNYA

Tekanan Ban dan Lebar Sepeda MTB

Berapa tekanan ban sepeda gunung yang tepat, berapa lebar ban sepeda yang tepat. Apakah semua ukuran lebar ban dan tekanan ban adalah sama bagi semua orang. Untuk tekanan ban sepeda gunung tergantung dari berat si pengemudi, sedangkan lebar ban umumnya mengunakan patokan dari medan yang akan dilalui.

Untuk tekanan ban, menyangkut dari bobot si pengemudi. Semakin berat dan besar si pengemudi, secara teoritis harus mengunakan tekanan ban lebih besar dari yang lebih ringan. Berapa ukuran yang tepat untuk tekanan ban sepeda anda. Dibawah ini data dari Michelin yang memproduksi ban sepeda.
Informasi dibawah ini sebagai petunjuk untuk tekanan ban sepeda gunung. Tetapi tidak mutlak untuk dijadikan patokan. Mengingat perbedaan fisik dari masing masing pengemudi sepeda gunung, serta medan yang dilalui.

Seperti keterangan gambar diatas. Perbedaan antara tekanan ban roda belakang dan depan sepeda gunung akan sedikit berbeda. Misalnya berat badan pengemudi mencapai 70kg. Maka tekanan ban yang di anjurkan untuk roda belakang berada antara 2.25 bar. Sedangkan ban depan disarankan memiliki tekanan dibawah 2.25 bar. Bila si pengemudi memiliki bobot lebih berat, tekanan ban yang digunakan juga lebih tinggi.

Tetapi patokan dari keterangan diatas tidak harus diperlu sepenuhnya di taati. Karena masing masing pengendara sepeda gunung yang bisa merasakan apakah tekanan ban yang digunakan sudah cukup, terlalu rendah atau terlalu tinggi.

Berapa lebar ban sepeda gunung yang tepat

Tentang lebar ban sepeda yang tepat. Memiliki dasar dari medan dan jenis sepeda yang digunakan. Tipe ban sepeda gunung rata rata dibagi dalam 3 kategori umum, yaitu CrossCountry, All Mountain dan Downhill.
Dibawah ini adalah ukuran ban secara rata rata yang dikeluarkan oleh pabrik ban untuk ban sepeda gunungBan merek WTB.
Ban CrossCountry – 2.1″
Ban All Mountain -2.1 -2.5 inch
Ban Downhill – 2.3 -2.5 inchBan merek Panaracer
Ban CrossCountry -  1.75 – 2.1 inch
Ban All Mountain – 1.95 tipe pacul, 2.1 – 2.35 inch
Ban Downhill – 2.3 – 2.5 inch

Ban merek Maxxis
Ban CrossCountry -  1.75 – 2.1 inch
Ban All Mountain – 1.95 -2.40 inch
Ban Downhill – 2.35 – 2.7

Ban merek Michelin
Ban CrossCountry -  1.75 – 2.1 inch
Ban All Mountain – 1.95 -2.40 inch
Ban Downhill – 2.35 – 2.7

Bisa disimpulkan bahwa ban sepeda crosscountry memiliki ukuran paling standar dan paling kecil, ukuran dimulai dari 1.8 sampai 2.1 inch.
Sedangkan ban sepeda gunung jenis All Mountain / AM memerlukan ukuran lebih lebar. Secara rata rata memiliki ukuran 2.1 inch atau lebih. Mengingat medan dari All Mountain lebih keras dan bervariasi, maka ukuran ban yang dibuat umumnya lebih lebar dari tipe ban CrossCountry.

Ukuran ban untuk kekuatan dan medan extreme adalah ban Downhill, umumnya dibuat dengan lebar tidak kurang dari 2.3 inch, dan ukuran terbesar mencapai 2.5 inch.

Dengan data diatas, setidaknya pengendara sepeda gunung dapat memperkirakan jenis dan lebar ban yang akan dipakai.
Bila pemakaian biasa saja seperti jalur CrossCountry, dapat memilih ukuran ban paling kecil antara 1.9 inch sampai 2.1 inch.
Bila tertarik menjelajah di medan yang keras dan berat, pilihan memang harus memiliki ukuran ban lebih lebar. Seperti ukuran 2.1 inch atau lebih besar lagi, sehingga ban All Mountain berada pada rentang tersebut.
Sedangkan untuk mereka pencinta sepeda Downhill, ukuran lebar ban memang mutlak. Karena sebagian besar produsen ban memproduksi dan menyarankan pemakaian ban berukuran 2.35 inch atau lebih besar lagi.

SOO buat goweser2 semua jgn salah pilih tapan lebar dan tekanan ban ya.. biar kita safe.. keep BIKING :D sepeda HURAAA !!!!

1 komentar:

  1. Thx utk infonya.. mampir jg yuk ke http://elementmtb.com/ban-sepeda-cepat-kempes-pakai-ini-saja/

    BalasHapus