Teknik Pengereman Pada Mountain Bike (MTB) tidak
hanya memberikan kendali kecepatan pada MTB tapi juga membantu
mendapatkan kecepatan lebih. Seperti halnya terjadi pada para pe-sepeda
profesional MTB, kemampuan kendali dan kecepatan bersepeda mereka
terletak pada kemampuan menggunakan rem, mereka berfikir cepat dan
tepat kapan untuk menge-rem, dan mereka melakukan penyesuaian sendiri
terhadap tuas rem pada stang MTBnya. Ada tiga teknik penge-rem-an pada
mountain bike, dan ketiga teknik ini akan menggali kemampuan goweser
dalam meningkatkan kendali dan kecepatan pada MTB goweser masing masing.
Satu Jari Untuk Mengaktifkan Rem MTB Goweser
MTB kluaran terakhir khususnya yang mempunyai rem hidrolis, hanya
dibutuhkan satu jari goweser untuk mengaktifkan rem dalam situasi
apapun. Teknik satu jari ini adalah Teknik Pengreman Pada Mountain Bike
yang kesatu, hal ini memerlukan sedikit penyesuaian pada letak tuas rem
goweser, geser agak kedalam, dimana memudahkan jari telunjuk goweser
dalam meraih tuas rem. Penge-rem-an satu jari ini akan lebih mempermudah
goweser dalam mengedalikan MTB, karena;
1. Tekanan lebih pada otot tangan dan lengan yang biasa dirasakan
goweser ketika menggunakan lebih dari satu jari saat menekan tuas rem
akan berkurang, dan itu menghasilkan kestabilan dalam menggenggam stang.
2. Lebih memudahkan goweser dalam memindahkan gigi.
3. Goweser lebih bisa merasakan keselarasan antara rem dan ban ketika bekerja
4. Dan dampak akhirnya akan meningkatakan rasa nyaman dan percaya diri goweser.
Memaksimalkan Pengunaan Rem Depan MTB Goweser
Gunakan rem depan lebih banyak dari rem belakang. Dalam Teknik Pengereman Pada Mountain Bike
yang kedua ini, pengunaan rem depan dapat membuat goweser
mempertahankan kecepatan dan momentum. Semakin lama goweser bisa
mempertahankan kecepatan dan momentum akan membuat MTB melesat lebih.
Kunci dari kemampuan pengunaan rem depan adalah gunakan rem seminimal
mungkin ketika goweser masih bisa sepenuhnya mengendalikan kesetabilan
kecepatan MTB, singkatnya:
1. Gunakan rem depan untuk memperlambat laju MTB hanya pada saat yang benar benar tepat.
2. Jika memungkinkan jangan terlalu lama menekan tuas rem, cukup sebentar saja.
Mulailah goweser memikirkan yang dapat membuat MTB goweser lebih
cepat. Dan bahwasanya kecepatan bisa didapat dengan mengunakan rem depan
dari pada penggunaan rem belakang.
Kenapa rem depan?
# Karena rem depan berfungsi memperlambat laju dan atau dapat
menghentikan laju MTB. Dimana dengan menggunakan rem depan goweser lebih
dapat mengontrol berat badannya. Rem depan membantu goweser
mempersingkat waktu penge-rem-an.
Kenapa bukan rem belakang?
# Karena rem belakang berfungsi untuk memperlambat laju MTB. Dimana
dengan rem belakang jikalau dipakai keseringan akan mengurangi kecepatan
dan membuat roda tergelincir. Rem belakang adalah rem cadangan.
Kesimpulan dari keutamaan mengunakan rem depan adalah
1. Pengereman tepat guna, tidak telalu membuang waktu, karna pengereman dilakukan singkat saja.
2. Mendapatkan kecepatan dan momentum yang lebih, ini karna
pengereman yang kurang membuat laju MTB lebih stabil dan itu brarti
kecepatan dan momentum stabil.
3. Goweser lebih bisa mengedalikan MTB walapun dalam keadaan di rem,
karna goweser bisa merasakan kseimbangan dan cengkraman roda.
Menyesuaikan Letak Tuas Rem MTB Dengan Postur Goweser
Teknik penge-rem-an yang ketiga adalah: lakukan penyesuaian letak
tuas rem MTB goweser untuk mempermudah proses penge-rem-an. Ada lima
langkah penyesuaian tuas rem MTB;
1. Longgarkan letak tuas rem agar mudah goweser menjangkaunya, dan
ketika melakukan penyesuaian hendaklah goweser memakai sarung tangan dan
sepatu, juga lakukan dalam posisi mengendarai MTB.
2. Posisi tubuh ketika penge-rem-an adalah ketika goweser memegang
stang, letak jari telunjuk pada tuas rem sejajar dengan lengan bawah
goweser.
3. Pastikan posisi jari telunjuk goweser tepat pada tuas rem sebelum di kunci.
4. Pastikan jarak tuas rem dan jari telunjuk dalam jangkauan, jika
goweser tidak paham melakukan penyesuaian manual sendirian mintalah
bantuan pada ahlinya.
5. Lakukan percobaan pada setingan rem MTB yang baru di sesuaikan.
Teknik Pengereman Pada Mountain Bike
yang ketiga ini bertujuan, agar goweser dapat menemukan posisi yang
nyaman dalam mengaktifkan tuas rem baik pada saat penge-rem-an ataupun
pada pertukaran gigi dari MTB.
NAH BUAT TEMAN2 GOWESS YANG SUKA DOWNHILL silakan di coba.. di rasakan dan di nikmati MONGGO
copy from : http://gowesbike.com/blog/teknik-pengereman-pada-mountain-bike